Rabu, 16 Maret 2011

MOTIVASI DALAM BELAJAR

MOTIVASI DALAM BELAJAR



1.UNSUR-UNSUR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR

A,Cita-cita dalam belajar

Contoh: seorang siswa telah memiliki cita-cita sejak dia melihat apa yang dia kagumi misal bila seorang anak laki-laki melihat polisi dia ingin jadi polisi dan bila melihat dokter dia juga ingin menjadi dokter,begitu juga dengan perempuan dia juga akan bercita-cita yang dia lihat dan dia kagumi sebelumnya misal,piƱata rias,model dsb.tapi masih bisa di bilang sebagai cita-cita sementara,sehingga cita-cita anak tersebut dapat memotivasi dia dalam belajar.cita-cita tersebut dapat menambah anak tersebut giat dalam belajar karena dia ingin mencapai cita-citanya bila besar nanti.

B. Kemampuan pebelajar

Contoh: sebagai seorang guru saya akan melihat kemampuan dari masing-masing siswa saya antara yang satu dengan yang lainya.sebab dengan saya mengetahui kemampuan dari masing-masing siswa saya maka saya akan mampu untuk memotivasi siswa saya yang baik pengetahuannnya ataupuan yang buruk kemampuannya sebab lain siswa lain juga motivasi yang harus saya berikan kepada siswa saya.hal ini akan sangat membantu dalam proses belajar.

C. Kondisi pebelajar

Contoh : seorang siswa saya sednag mengalami sakit dan tidak bisa untuk masuk sekolah maka saya sebagai guru mengajak siswa saya yaitu teman-temannya unuk menjenguk siswa saya yang sedang sakit.karena bila kami menjenguknya bisa menjadi motivasi bagi siswa saya tadi untuk cepat sembuh dan kembali bersekolah seperti biasa.

D. Kondisi lingkungan belajar

Contoh: ada seorang siswa saya tinggalnya berdekatan dengan lokalisasi prostitusi yang secara kebetulan dia pun dilahirkan dari keluarga yamg ornag tuanya bekerja sebagai PSK (pekerja seks komersial).saya sebagai gurunya akan berusaha semaksimal mungkin untuk terus memotivasi dia dan memberikan nasehat serta memantau aktivitasnya dan prestasi belajarnya agar dia tidak terpengaruh dengan orang tua dan lingkunga dimana dia tnggal.dengan memotivasinya bahwa belajar yang giat dan rajian maka dia akan mampu untuk merubah harkat dan maratabat keluarganya yang selama ini dianggap rendah oleh orang sekitarnya.


E. Unsur-unsur dinamis dalam belajar

Contoh:saya sebagai guru akan berusaha membuat suasana belajar yang menyenangkan dimana dalam proses belajar saya akan membuat games dan dalam menerangkan pelajaran saya akan menggunakan alat peraga yang unik agar proses belajar terasa lebih menarik dan tidak membosankan bagi siswa saya.dan saya akan mengajak siswa saya untuk lebih aktif dalam belajar tapi tanpa mereka sadari saya telah mengaktifkan mereka.

F. Upaya guru dalam membelajarkan pebelajar

Contoh: saya sebagai seorang guru harus terus berupaya kreatif dan tidak monoton dalam memberikan materi pembelajaran,karena saya akan berusaha membuat suasana yang harmonis antara saya dan siswa dan antara siswa dan siswa.lainnya,dengan keharmonisan dalam beljar dapat lebih memotivasi siswa untuk dapat meraih nilai yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanx ja ya