Kamis, 18 November 2010

Pengertian Konseling

KATA PENGANTAR

Assalamu Alaikum Wr. Wb
Puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan dan keselamatan sehingga penuls dapat menyelesaikan makalah tepat waktu.
penulis juga mengucapkan terima kasih kepada dosen yang telah memberikan penulis tugas dan sekaligus mebimbing penulis dalam pembuatan makalah ini sehingga makalah ini dapat penulis selesaikan,penulis juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah mendukung penulis dalam pembuatan makalah ini.
makalah ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Konseling karir yang telah diberikan oleh Ibu Hartati untuk memenuhi nilai tugas harian.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak terdapat kesalahan, oleh karena itu penulis meminta maaf jika dalam penulisan makalah ini terdapat kata-kata yang menyinggung perasaan para pembaca sekalian. Selain itu penulis juga senatiasa menunggu kritik dan saran yang bersifat membangun dalam rangka penyempurnaan makalah ini
Akhir kata kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam penyusunan makalah ini penulis mengucapkan terma kasih, dan semoga makalah ini dapat berguna bagi penulis dan pembaca sekalian.





Medan, 10 Mei 2010



penulis





Daftar Isi

Kata Pengantar……………………………………………………………….…1

Daftar Isi…………………………………………………………………...……2

Pengertian konseling Karir…………………………………….…………….….3

Pentingnya Konseling Karir…………………………………………………….3

Fungsi Konseling Karir…………………………………………………………3

Jenis Konseling Karir……………………………………………….…………..4

Cirri-ciri Konseling Karir………………………………………….……………4

Manfaat Konseling Karir…………………………………………….………….4

Daftar Pustaka…………………………………………………………………..6










Pengertian Konseling
Konseling adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok, agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal, dalam bidang pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kemampuan belajar, dan perencanaan karir, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung, berdasarkan norma-norma yang berlaku.
Konseling karir menurut Drummond & Ryan ( 1995):
Career conseling and development are processes in which counseling activities, strategic and interventtions are used to work with people who seek help ini making career exploration, planning and transition decisions ……. in learning and working process.
Drummond & Ryan merumuskan konseling karir dan perkembangannya merupakan proses dimana kegiatan, strategi dan intervensi digunakan untuk membantu konseli dalam eksplorasi karir, perencanaan dan pengambilan keputusan karir dalam proses belajar pada lingkup sekolah dan atau dalam proses kerja. Dari rumusan tersebut terkandung makna bahwa fungsi konseling karir adalah memberikan layanan pada para konseli dalam membuat perencanaan dan pengambilan keputusan karir secara berkesinambungan berfungsi dalam lingkup lembaga kerja bahkan tren terakhir juga berfungsi pada lingkungan pasca kerja. Untuk menghadapi tren dan isu di abad 21 ini menurut Ryan peran dan strategi konselor karir tidak hanya berorientasi pada potensi konseli tetapi juga berorientasi pada kondisi globalisasi.

Pentingnya Konseling Karier
Konseling karier menggali minat, keterampilan, dan latar belakang pendidikan seseorang sehingga mereka bisa bekerja melalui pelatihan profesional di bidang tertentu. Para konselor bisa memfasilitasi proses pemilihan profesi atau pekerjaan dengan berperan sebagai pemandu atau guru bagi siapa saja yang ingin memulai suatu karier, pindah karier, atau mendalami karier baru.

Fungsi Konseling Karier
Konseling ini menawarkan pendekatan yang sistematis dan objektif untuk belajar tentang keterampilan, pengalaman kerja, aspirasi, dan kebiasaan kerja seseorang. Profesional yang terlatih membantu kliennya menemukan pekerjaan atau profesi yang cocok dan menawarkan cara-cara untuk mendapatkan sumber-sumber yang bisa menjadi alat untuk mencari pekerjaan. Konseling bisa dilakukan satu per satu atau dalam kelompok dengan seorang konselor yang mendiskusikan topik-topik seputar mencari pekerjaan, penulisan resume, wawancara, dan metode perencanaan karier jangka pendek atau panjang.

Jenis Konseling Karier
Orang-orang dari berbagai tingkat pendidikan bisa mendapatkan bantuan dari konselor karier, dan konselor biasanya menempatkan lulusan perguruan tinggi atau sekolah menengah atas di level yang sama. Orang-orang tertentu bisa meminta pelayanan konseling khusus. Sebagai contoh, Anda bisa mendapatkan pelayanan pengembangan karier khusus untuk orang-orang minoritas, orang tua tunggal, remaja, atau mereka yang sedang dalam masa penyembuhan penyakit mental.

Ciri-Ciri Konseling Karier
Kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam konseling bisa berupa menghadiri seminar atau pelajaran yang mengajar Anda bagaimana mendapatkan pekerjaan; penilaian pribadi untuk menentukan tujuan dan aspirasi; pelayanan penyesuaian pekerjaan untuk penempatan kerja yang tepat; tes berdasarkan keterampilan untuk menentukan keterampilan dasar dan kemampuan di berbagai bidang; dan sesi konseling kelompok untuk mengatasi tantangan-tantangan dalam mencari pekerjaan atau peralihan tempat kerja.

Manfaat Konseling Karier
Konseling karier memberikan beberapa manfaat bagi para lulusan sekolah menengah atas atau perguruan tinggi atau yang masuk kembali ke dunia kerja setelah berhenti bekerja selama beberapa saat. Klien akan menerima suatu analisis yang objektif atau penjelasan mengenai keterampilan, kemampuan, dan gaya kerja. Manfaat kunci dari konseling karier termasuk memetakan karier yang tepat untuk kepuasan jangka panjang; mempersempit pekerjaan dan tugas pekerjaan supaya bisa mendapatkan yang paling tepat; menganalisa kunci kekuatan dan kelemahan untuk meningkatkan kemampuan; dan melihat kembali pilihan-pilihan dan jalur karir yang berbeda untuk membuat pilihan-pilihan yang menguntungkan.




























Daftar Pustaka

www.akhmadsudrajat.wordpress.com

www.google.com

www.yahoo.com
http://www.ehow.com/about_4568084_career-counseling.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanx ja ya